in

ROG Phone II, Smartphone Gaming yang Sesungguhnya!

ASUS Indonesia baru saja meluncurkan produk smartphone gaming terbarunya, yakni ASUS ROG Phone II. Pelucuran smartphone gaming tersebut diselenggarakan di Ballroom Pullman Hotel Central Park, Jakarta pada hari Kamis, 5 Desember 2019. ROG Phone II merupakan smartphone gaming paling canggih dan paling powerful di dunia. Smartphone gaming ini ditenagai oleh prosesor paling muthakir yaitu Qualcomm Snapdragon 855+. Dan yang paling menarik dari smartphone gaming ini adalah ROG Phone II menjadi smartphone gaming pertama di dunia dengan mengusung layar AMOLED dengan tingkat refresh rate 120Hz.

Sebelum membahas spesifikasi lebih lengkap dari smartphone gaming “gahar” ini alangkah baiknya saya akan menceritakan terlebih dahulu tentang pengalaman menghadiri acara yang tidak kalah meriahnya dengan produk smartphone gaming yang baru saja dirilis.

Seminggu sebelum hari peluncuran produk smartphone gaming terbaru dari ASUS, Tim Techripiu.com sudah mendapatkan email Invitation dari ASUS Indonesia untuk menghadiri acara peluncuran smartphone gaming terbaru ASUS, yakni ROG Phone II. Dalam email tersebut yang menjadi pusat perhatian saya adalah doorprize yang bisa didapatkannya. Tidak tanggung-tanggung ASUS Indonesia akan memberikan doorprize sebuah ROG Phone II bagi undangan yang beruntung di acara tersebut.

Hari peluncuran telah tiba, saya tiba di Pullman Hotel Central Park dimana tempat ini akan menjadi saksi smartphone gaming tergahar ini mendarat secara resmi di Indonesia. Tiba pada pukul 12.00 WIB saya langsung disuguhi dengan hidangan makan siang di venue acara.

Namun ada sesuatu yang manarik pandangan mata saya pada waktu itu. Ternyata antrean pembelian pertama ROG Phone II sudah mengular panjang di dekat venue acara. Usut punya usut, hal ini terjadi karena ASUS telah menyiapkan  program khusus bagi 300 gamers pertama yang akan membeli ROG Phone II pada saat hari peluncurannya. Tidak heran jika orang pertama yang mengantre rela datang malam-malam demi mendapatkan ROG Phone II ini. Antrean yang panjang, masih menunggu lama, capek mengantre, lapar atau haus hal itu biasa terjadi. Namun yang tidak biasa terjadi dalam antrean pembelian ROG Phone II ini adalah mereka yang akan membeli smartphone gaming terbaru dari ASUS ini mendapatkan makanan dan minuman secara cuma-cuma. Dan mereka mengantre di dalam ruangan yang dingin dan bisa duduk santai di atas lantai Ballroom.

Gamers yang membeli ROG Phone II pada saat hari peluncurannya di Indonesia juga berkesempatan untuk menyaksikan acara peluncuran ROG Phone II secara langsung. Tidak hanya itu, gamers juga berkesempatan bertemu langsung dengan tamu-tamu istimewa yang akan hadir di acara peluncuran ROG Phone II di Indonesia.

Antrean untuk pembelian langsung ROG Phone II akan dimulai pada tanggal 5 Desember 2019 pukul 00.00 WIB, sementara penjualan akan dimulai pada pukul 16.30 WIB. Lokasi penjualan perdana dan peluncuran ROG Phone II adalah di Grand Ballroom Hotel Pullman, Central Park, Jakarta.

ASUS juga akan menggelar sesi pre-order untuk gamer di seluruh Indonesia secara online. Gamer yang melakukan pre-order untuk ROG Phone II akan mendapatkan ROG T-Shirt secara cuma-cuma selama persediaan masih ada.

Acara dimulai dengan animasi 3D hitungan mundur yang sangat futuristik yang mampu menghidupkan suasana Ballroom disambung dengan pembukaan oleh MC acara.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh tamu istimewa yang juga hadir di acara “We Own The Game” kali ini, yaitu Chairman ASUS, Jonney Shih. Kehadiran Jonney Shih menegaskan bahwa ASUS tetap serius menghadirkan produk smartphone di Indonesia. Selanjutnya pemberian presentasi tentang keunggulan-keunggulan dan spesifikasi teknis oleh Jimmy Lin, ASUS South-East Asia Regional Director.

Acara dilanjutkan dengan bincang-bincang dengan New Brand Ambassador ROG Phone II, yaitu Pevita Pearce.

Dalam peluncuran ROG Phone II ini, ASUS Indonesia juga memperkenalkan ROG Master yang terdiri dari tim eSports Rex Requm Qeon (RRQ) dan Aerowolf. Acara ini juga dihadiri oleh YouTuber top Indonesia, yaitu Atta Halilintar.

Saya sangat takjub dan terkesan dengan acara peluncuran ROG Phone II. Saya sangat senang bisa mendapatkan pengalaman yang begitu menariknya. Jika Anda ingin menonton bagaimana kemeriahan acara peluncuran ROG Phone II ini, Anda dapat menonton video di bawah ini :

Nah, gimana? Seru kan?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ROG Phone II ini, berikut ada beberapa testimoni terhadap smartphone gaming yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

ROG Phone II dibekali dengan prosesor terbaru dari Qualcomm yaitu Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus. Prosesor ini memiliki keunggulan-keunggulan, antara lain:

1. Performa Lebih Cepat

Jika dibandingkan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon seri sebelumnya, yakni Qualcomm Snapdragon 845, prosesor ini diklaim 45% lebih cepat. Dan dengan dibekali dengan GPU Adreno 640 ini juga memberikan peningkatan performa ROG Phone II 20% lebih cepat.

2. Teknologi Artificial Intellegence (AI)

Prosesor besutan Qualcomm ini juga memiliki peningkatan tiga kali lipat dalam performa AI engine karena pada prosesor ini telah menggunakan Qualcomm AI Engine generasi ke-4. Hal tersebut juga memungkinkan Anda sebagai gamers mampu memainkan game-game kesayangan Anda dengan kualitas terbaik dan terasa lebih lancar tanpa lag sekalipun.

3. Sudah Berteknologi 5G

Prosesor ini sejatinya sudah dibekali dengan teknologi 5G yang memungkinkan Anda bermain game online yang dapat terhubung ke jaringan super cepat 5G ini. Namun untuk saat ini mungkin belum tersedia teknologi tersebut di Indonesia, karena infrastruktur provider yang belum memadai. Menurut saya dengan adanya teknologi 5G ini setidaknya jika masih terhubung dengan jaringan 4G atau 4G Plus/LTE, jaringan juga masih akan tetap stabil dan tentunya lancar untuk bermain game online.

Prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus Mobile Platform dibekali dengan Qualcomm® Kryo™ 485 CPU yang memiliki clockspeed hingga 2,96GHz. Kecepatan ini terbilang sangat tinggi untuk mendukung kegiatan multitasking ROG Phone II.

Keberadaan CPU yang terbilang high-performance dan sangat powerful ini juga didukung dengan kartu grafis Adreno 640. GPU ini diklaim memiliki performa 15% lebih kencang dari GPU yang ada di prosessor seri 855 yang biasa. Tidak berhenti disitu saja, Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus ini juga telah terintegrasi penuh dengan Qualcomm® Snapdragon™ Elite Gaming dan membuat ROG Phone II tidak hanya tampil sebagai smartphone paling bertenaga yang pernah ada, tetapi juga telah dioptimalisasi khusus untuk bermain game.

Perpaduan prosesor dan kartu grafis pada ROG Phone II ini membuat smartphone gaming “gahar” ini menempati posisi tertinggi dalam pengujian yang dilakukan melalui aplikasi Antutu Benchmark V8 dan menjadikan ROG Phone II sebagai Top 10 Best Performing Flagship Phones pada bulan November 2019.


ROG Phone II yang memiliki tingkat refresh rate 120Hz dan GPU yang “gahar” membuat posisi smartphone gaming ini berada di posisi puncak dalam pengujian menggunakan 3DMark

Salah satu kelebihan dari ROG Phone II ini adalah pada bagian layar yang digunakannya. ROG Phone II menggunakan layar AMOLED dengan tingkat refresh rate 120Hz dan response time 1 ms. Layar yang dimiliki smartphone gaming ini diklaim memiliki kualitas terbaik yang mengalahkan seluruh smartphone yang ada saat ini. Layar AMOLED ini memiliki kelebihan, antara lain :

  • Memiliki tingkat kecerahan atau brightness yang sangat tinggi
  • Gambar lebih cerah, stabil berkat adanya fitur pengaturan RGB
  • 40% Lebih hemat dalam pemakaian daya perangkat
  • Layar teap tajam pada saat dilihat di bawah sinar matahari
  • Layar lebih responsif dan memiliki tingkat sensitifitas yang lebih tinggi

Tidak hanya dapat menampilkan kualitas visual terbaik berkat warna yang sangat akurat dengan tingkat Delta E<1, ROG Phone II juga mampu menghadirkan pengalaman gaming dengan framerate terbaik serta tampilan jelas tanpa blur.

Layar ROG Phone II memiliki ukuran 6,59 inci yang lebih luas dibandingkan dengan smartphone lainnya. Sesuai dengan lininya yaitu smartphone gaming, hal ini juga akan membantu Anda sebagai gamers akan merasa lebih nyaman pada saat bermain game. Pada saat bermain game, tampilan game akan terlihat sangat jelas tanpa terhalangi oleh jari.

Kemudian berbicara mengenai perlindungan layar pada ROG Phone II telah mengadopsi layar premium dengan kaca pelindung Corning® Gorilla® Glass 6. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Corning® Gorilla® Glass 6 memiliki tingkat perlindungan layar paling tinggi saat ini. Selain layar menjadi sangat kuat terhadap goresan atau benda tajam, kaca perlindungan layar ini juga akan memberikan kesan flagship terhadap ROG Phone II.

Besarnya kapasitas RAM dan penyimpanan internal adalah dua hal yang sangat penting dalam memilih smartphone gaming terbaik. ROG Phone II ini memiliki kapasitas RAM sebesar 12GB LPDDR4X. Dengan kapasitas RAM yang cukup besar ini membuat smartphone gaming ini menjadi sangat pas untuk memainkan game-game yang sangat berat.

Kemudian pada ROG Phone II ini sudah dibekali dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 512GB. Dengan adanya kapasitas yang sangat besar ini, pengguna tidak perlu khawatir jika kehabisan penyimpanan. Jadi, untuk menyimpan foto, video, film, game bahkan file-file yang lebih besar masih tetap aman.

ROG Phone II dibekali dengan baterai berkapasitas yang sangat besar, yakni 6.000mAh. Dengan adanya kapasitas baterai ini, Anda sebagai gamers tidak perlu khawatir kehabisan baterai pada saat bermain game. Smartphone ini juga sudah menggunakan teknologi Qualcomm QuickCharge 4 yang merupakan teknologi terobosan Qualcomm untuk mekasimalkan pengisian ulang daya smartphone. Kemudian adapter yang digunakan memiliki daya 30W berteknologi ROG HyperCharge yang mampu mengisi daya sebesar 66% hanya dalam waktu 58 menit. Sehingga dalam proses pengisian ulang daya pada ROG Phone II ini semakin cepat dan lebih efisien dalam penggunaan baterai smartphone.

ROG Phone II juga mendukung teknologi USB Type-C Power Delivery sehingga gamer dapat menggunakan adapter USB Type-C apapun untuk mengisi ulang daya smartphone gaming ini.

Berbicara masalah konektivitas, ROG Phone II ini memang sudah tidak diragukan lagi. Mengingat smartphone gaming besutan ASUS ini sudah didukung dengan konektivitas 4G LTE Cat 18 dengan kecepatan download hingga 1,2Gbps. Selain itu smartphone gaming ini juga sudah dibekali dengan WiFi 802.11ad yang menggunakan konektivitas 60GHz dengan kecepatan transfer data hingga 4,6Gbps. Dengan adanya “Konektivitas Tanpa Batas” pada ROG Phone II ini akan membuat Anda sebagai gamers dalam berselancar menggunakan internet atau sesuai dengan fungsi utama smartphone gaming ini yaitu untuk bermain game-game online yang sangat membutuhkan konektivitas yang cepat dan stabil.

Banyak smartphone gaming yang hanya berfokus pada performanya saja, tidak memperhatikan salah satu poin penting yang harusnya ada pada sebuah smartphone yaitu kamera. Berbeda dengan ROG Phone II, smartphone gaming yang “gahar” ini ternyata ASUS sudah membekalinya dengan kamera yang terbaik.

ROG Phone II memiliki kamera utama dengan resolusi 48MP dan lensa ultra-wide beresolusi 13MP yang dapat menangkap gambar hingga 125 derajat. Sensor Sony IMX586 juga turut disematkan pada lensa utama smartphone. Kamera ini mampu menangkap gambar dengan baik dan merekam video FullHD 240fps.

Selain itu, kamera depan yang dimiliki ROG Phone II juga tidak kalah menariknya. Kamera depan yang dimiliki berlensa 24MP dengan Quad Bayer Technology dan aperture F2.0.

Tidak percaya? Ini buktinya. Berikut adalah beberapa hasil foto menggunakan kamera ROG Phone II:

Untuk memberikan kenyamanan yang lebih pada saat bermain game, ASUS menghadirkan beberapa aksesoris ROG Phone II yang sangat menarik seperti, ROF AeroActive Cooler, ROG TwinView Dock II, ROG Kunai Gamepad, dan ROG Desktop Gaming.

ROG AeroActive Cooler

ROG AeroActive Cooler merupakan perangkat pendingin aktif yang dapat dipasang di ROG Phone II. ROG AeroActive Cooler ini memiliki kipas khusus yang secara aktif akan mendinginkan komponen dan permukaan smartphone gaming ini agar performa tetap stabil ketika digunakan untuk bermain game. Juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk mengisi daya dan port 3.5mm audio jack untuk output suara. Seluruh port tersebut terdapat dalam aksesoris ini, sehingga membuat Anda semakin nyaman dalam menggunakan ROG Phone II ketika bermain game.

ROG TwinView Dock II

TwinView Dock II merupakan perangkat yang membuat gamer dapat merasakan pengalaman bermain dengan dua layar menggunakan ROG Phone II. Tidak hanya itu, TwinView Dock II juga masih mengusung layar yang sama dengan ROG Phone II dan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Sebuah kipas juga ditempatkan di TwinView Dock II yang memungkinkan gamer bermain dalam jangka waktu lebih lama tanpa mengorbankan performa.

ROG Kunai Gamepad

Sesuai dengan namanya, ROG Kunai Gamepad merupakan sebuah controller game yang dapat dipasangkan bersama ROG Phone II. Aksesoris khusus ini terdiri dari sebuah casing dan dua sisi controller yang dapat dilepas. ROG Kunai Gamepad juga dilengkapi dengan tombol fisik serta kontrol analog untuk pengalaman bermain game kelas konsol.

ROG Desktop Docking

ROG Desktop Docking merupakan perangkat yang memungkinkan gamer untuk merasakan pengalaman gaming layaknya PC desktop menggunakan ROG Phone II. Aksesoris ini memiliki port USB Type-A dan port display seperti HDMI dan DisplayPort sehingga bisa dihubungkan ke monitor, keyboard, serta mouse. ASUS juga sudah menyediakan sistem remapping khusus di dalam ROG Phone II sehingga game dapat dikontrol menggunakan keyboard dan mouse.

Hapenya Sultan Harga Terjangkau? Ya, benar. Meskipun spesifikasi yang ditawarkan pada ROG Phone II sangat “gahar”, ASUS ternyata tidak membanderolnya dengan harga yang sangat tinggi. Akan tetapi ASUS hanya membanderol ROG Phone II ini dengan harga mulai Rp8,499 juta saja.

Berikut ini beberapa paket pembelian yang ditawarkan ASUS Indonesia:

Hardcore ROG Fans Package

ROG Phone II varian 12GB RAM/512 GB Internal Storage dengan ROG Suitcase dan semua aksesoris dibanderol dengan harga Rp22.891.000,-

Ultimate Heavy Gamer Package

ROG Phone II varian 12GB RAM/512 GB Internal Storage dengan Aero Case/AeroActive Cooler II/30W ROG Chager dibanderol dengan harga Rp12.499.000,-

Elite Gamer Package

Dan yang paling terjangkau adalah Elite Gamer Package, ROG Phone II hanya dibanderol dengan harga Rp8.499.000,- saja.

ASUS juga menjual aksesoris ROG Phone II secara terpisah. Anda dapat memilih aksesoris mana yang akan digunakan untuk menemani smartphone gaming Anda. Jadi dapat dibilang Anda bisa mengkustomisasi aksesoris yang akan Anda gunakan pada ROG Phone II. Berikut beberapa pilihan paket dan harga dari aksesoris ROG Phone II :

Multi-Tasking Gamer Package

Multi-Tasking Gamer Package ini dijual seharga Rp3.599.000,-. Terdiri dari :

  • TwinView Dock II
  • 30W ROG Charger
  • ROG Phone bag

Console Gamer Package

Console Gamer Package ini dijual seharga Rp2.499.000,-. Terdiri dari :

  • ROG Kunai Gamepad
  • AeroActive Cooler II
  • 30W ROG Charger
  • ROG Phone Bag

Harga Aksesoris Secara Terpisah

  • TwinView Dock II seharga Rp2.999.000,-
  • ROG Kunai Gamepad seharga Rp899.000,-
  • Mobile Desktop Dock seharga Rp2.299.000,-
  • ROG Phone bag seharga Rp599.000,-

Kesimpulan

ROG Phone II merupakan smartphone gaming yang paling canggih dan powerful yang pernah ada untuk saat ini. Performa kencang dengan dibekali dengan prosesor terbaru dan tentunya kartu grafis yang mumpuni. Penyimpanan berkapasitas besar, baterai besar dan RAM yang besar menjadikan ROG Phone II ini menjadi smartphone gaming tergahar di dunia. Beragam fitur dan teknologi juga tersemat secara sempurna.

Secara pribadi, jika saya ditanya orang-orang “Apa smartphone gaming yang pas dan paling mengerti kebutuhan gamer?” dengan tegas saya akan menjawab “ASUS ROG Phone II”.

Referensi :

https://www.antutu.com/en/ranking/rank1.htm

https://www.asus.com/id/ROG-Republic-Of-Gamers/ROG-Phone-II

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Smartfren Kukuhkan Diri Sebagai Raja Paket Internet Unlimited

Pre Order Galaxy A51 Menyambut Awesome Live Party Bersama Black Pink